News Update :

9 Jenis Makanan yang Mengandung Kalsium

Friday, January 25, 2013

Susu selama ini dianggap sebagai sumber kalsium paling tinggi. Namun ternyata masih banyak lagi makanan lain yang mengandung banyak kalsium dan harganya jauh lebih murah dari susu. Apalagi susu tidak disarankan bagi orang yang sedang melakukan program diet. Kalau begitu, sudah saatnya beralih ke jenis makanan/minuman lain yang juga mengandung kalsium. Lalu apa saja makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu? Berikut ini adalah 9 jenis makanan/minuman sumber kalsium yang dikutip dari Huffington Post.



1. Susu kedelai
Susu kedelai dianggap mampu menggantikan susu hewani. Pernyataan tersebut tidak salah, karena jenis susu ini memiliki sekitar 300 mg kalsium dengan catatan tidak dicampur bahan lainnya. Cukup tinggi bukan?

2. Brokoli
Sayuran ini terkenal sebagai raja sayuran karena manfaatnya yang begitu besar. Salah satu kandungannya adalah kalsium. Satu penyajian brokoli mengandung kalsium sebanyak 180 mg.

3. Oatmeal
Selain rasanya yang enak, satu bungkus otmeal instan ternyata memiliki kandungan kalsium sebanyak 105 mg.

4. Kacang kedelai
Satu piring kacang kedelai mampu menghasilkan 261 mg kalsium. Dengan catatan tidak direbus dengan garam.

5. Kacang almond
Kacang yang banyak terdapat di kue ini, juga memiliki kandungan kalsium. Satu ons kacang almond menghasilkan 80 mg kalsium. Almond juga dapat membantu menurunkan gula darah tinggi dan kadar kolesterol.

6. Ikan salmon
Ikan bergizi ini mengandung lemak sehat dan protein. Tiga ons salmon dengan tulang mengandung kalsium sebanyak 181 mg.

7. Jeruk
Buah ini tidak hanya mengandung vitamin C, melainkan juga memiliki kalsium sebanyak 60 mg.

8. Lobak
Secangkir lobak rebus ternyata mengandung sekitar 200 mg kalsium.

9. Yogurt
Selain rendah lemak, 8 ons yogurt sarat dengan 415 mg kalsium. Yogurt juga dapat menyerap kalsium lebih banyak ke tubuh dibanding susu dengan jumlah yang sama.

Sembilan jenis makanan di atas adalah makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi. Sekarang kita tahu bahwa susu bukanlah satu-satunya sumber kalsium. Semoga bermanfaat!
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

Tab 1.2
Tab 1.3
Tab 2.1
Tab 2.2
Tab 2.3
Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3
 

© Copyright Blog Of Sport 2012 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Modified by Blogger Tutorials.